Macam-Macam Perbuatan Sunnah Ketika Bagun Tidur

Islam merupakan agama yang mulia, indah, dan sempurna. Setiap aspek kehidupan telah diatur didalamnya. Rasulullah saw. telah mencontohkannya kepada seluruh umat. Salah satu yang dicontohkannya ialah sunnah-sunnah seletah bangun tidur. Ada beberapa perbuatan sunnah setelah bangun tidur yaitu :

1. Membaca do'a ketika bangun dari pada tidur
Bacaan pertama yang dibaca di pagi hari setelah bangun tidur adalah,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

"Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan".

2. Meggosok mulut dengan siwak
Siwak merupakan kayu atau sejenisnya yang digunakan untuk membersihkan mulut kita dari kotoran. perbuatan ini sangat disunnahkan oleh Rasulullah, sebagaimana yang tersebut didalam hadisnya yang artinya:, “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam ketika bangun tidur menggosok mulutnya dengan siwak”. (Muttafaq’alaih)

3. Menghisap air ke dalam hidung.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Tatkala salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaklanya dia menghisap air ke hidung sebanyak tiga kali, sesungguhnya setan menginap di lubang hidungnya.” (Muttafaq ‘alaih)

4. Membasuh kedua tangan
Ketika bagun tidur kita disunnahkan untuk membasuh kedua tangan dengan air agar tangan kita menjadi bersih. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Ketika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya hendaknya dia tidak mencelupkan tangannya ke dalam tempat (air) sampai dia membasuh tangannya itu sebanyak tiga kali.” (Muttafaq ‘alaih)

Itulah macam-macam sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah saw. kepada umatnya ketika bangun daripada tidur, semoga kita mau menjalankan segala sunnahnya, mudah-mudahan dengan menjalankan sunnahnya kita bisa mendapatkan syafaat di hari akhirat nanti
Aminn....

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :