6 Tipe Wanita Yang Tak Layak Untuk Dinikahi

Isti merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah kepada seorang suami. Didalam islam memilih istri yang baik dan benar merupakan sebuah kewajiban bagi calon suami sebelum menikah. Rasulullah telah mewasiatkan kepada seorang laki-laki untuk memilih istri berdasarkan empat hal yaitu kecantikannya, hartanya, keturunannya, dan agamanya. Namun Rasulullah telah memproritaskan bagi seorang laki-laki untuk memilih calon istri yang memiliki agama yang lebih kuat dibandingkan tiga hal yang lainnya, karena dengan agama hidup akan menjadi bahagia, aman dan sejahtera.

Namun selain empat hal yang telah tersebut diatas, ada beberapa wanita yang harus dijahui karena tak pantas untuk dijadikan sebai istri, sebagaimana perkataan Imam al-Ghazali ada 6 tipe wanita yang tidak patut dijadikan sebagai istri, mereka itu adalah:

1. Al Annanah
Al Annanah merupakan tipe wanita yang suka selaki mengeluh dan mengadu. Wanita seperti ini tidak bisa menghadapi malasah, tidak bisa mencari solusi ketika bertemu dengan permasalahan yang dihadapinya, Jika sudah begitu, maka suami akan menjadi korban, keluarga sakinah pun tidak akan diperoleh dengan istri yang seperti ini maka jauhilah wanita tersebut.

2. Al Mananah
Al Mananah merupakan tipe wanita yang suka mengungkit-ngungkit jasa atau kebaikannya. Suami yang memiliki istri seperni ini akan terhambat untuk menjalankan peran sebagai pemimpin didalam rumah tangga. Contohnya jika seorang suami memiliki pendapat yang berbeda dengan istri, dengan serta merta si istri akan mengungkit kebaikannya sehingga menjadikan posisi suami menjadi lebih renda dibandingkan dengan dirinya.

3. Al Hananah
Al hananah merupakan tipe wanita yang suka membangga-banggakan orang yang ada dalam kehidupan masa lalunya. Misalnya si istri telah menikah sebelumnya, ia akan membangga-banggakan mantan suaminya.Sehingga suami yang sekarang akan merasa direndahkan karena dianggap hina, maka rumah tangga pun akan semakin memburuk. Bisa dibayangkan betapa marahnya dan kesalnya suami dengan istri seperti ini.

4. Al Haddaqah
Al Haddaqah merupakan tipe wanita yang suka berbelanja secara berlebihan. Ia sangat meudah tertarik apabila melihat sesuatu benda yang baru, tanpa berfikir panjang ia akan terus membelinya, maka uangpun tidak akan tersimpan karena keborosan istri seperti ini. Maka jauhilah wanita ini karena dapat menyebabkan kemiskinan.

5.Al Barraqah
Al Barraqah merupakan tipe wanita yang suka berhias sepanjang hari. Memang baik jika hasil hiasannya diperuntukkan kepada sang suami. Namun wanita seperti ini menghiasi dirinya hanya untuk memperlihatkan kepada orang lain sehingga membuat laki-laki lain menjadi tergoda. Yang lebih buruknya lagi, ketika berada dirumah ia hanya tampil seadanya. Wanita ini tak pantas dijadikan sebagi istri karena dapat menyebabkan permusuhan dan kekacauan dildalam berumah tangga.

6. As Syaddaqah
As Syaddaqah merupakan tipe wanita yang suka berkata pedas dan cerewet. Ketika terjadi suatu masalah ia kan langsung berkomentar denga perkataan yang menyakitkan hari. Bahkan hal yang sepelepun akan menjadi besar karena perkataannya yang sangat pedas dan menyakitkan.

Itulah 6 tipe wanita yang sebaiknya jangan dijadikan sebagai isrti. Maka pilihlah istri dengan sebaik mungkin sehingga kita dapat membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.
Amin...

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :