6 Ciri-Ciri Istri Yang Akan Membawa Rezeki Bagi Keluarga

Istri yang baik dan ideal merupakan impian para lelaki. Demikian pula wanita, ia juga ingin memiliki suami yang sholeh dan taat beragama. Namun kita tahu bahwa manusia ini tak ada yang sempurna. Tetapi kita bisa mengusahakan agar dapat menjalankan peran masing-masing sebaik mungkin dan sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

Bagi seorang suami membahagiakan istri dapat melancarkan rezeki, demikian pula si istri. Berikut adalah beberapa sifat wanita yang insya Allah akan mendatangkan rezeki bagi suaminya yaitu :

1. Istri yang taat pada perintah Allah dan rasul-Nya.
Istri yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dapat membuat rumah tangga menjadi aman dan nyaman, dan bahagia. Rumah tangga yang seperti ini merupakan suatu rezeki yang sangat berharga karena hidup bahagia didalam rumah tangga itu lebih indah walaupun dalam keadaan sederhana. Istri yang salehah akan menjadikan rumah tangga itu berkah, menghasilkan anak-anak yang saleh, dan mendapatkan ridha dan kasih sayang Allah.

2. Istri yang taat pada suaminya.
Istri yang baik akan selalu taat dan patuh terhadap perintah suaminya selama perintah itu demi kebaikan,ketaatan istri pada suaminya akan menjadikan kedamaian dan kenyamanan dalam berkeluarga sehingga suami dapat menjalankan kewajibannya dalam mencari rezeki yang halal.Allah berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya”. (Q.S. An Nisa : 34).

3. Istri yang berhias hanya untuk suaminya.
Rasulullah saw, bersabda : 
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah” (H.R. Muslim).
Sudah menjadi tabiat bahwa seorang wanita itu suka berhias, akan tetapi istri yang baik hanya menampakkah hiasanyya kepada suaminya. Wanita yang selalu menyenagkan pandangan suaminya dan tahu bagaimana menyenagkan suaminya akan didoakan oleh malaikat untuk memudahkan rezeki datang kepadanya dan keluarganya.

4. Istri yang menjaga kehormatan dan harta suami
Ketika suami keluar rumah untuk mencari nafkah, maka patutlah bagi istri yang taat akan menjaga kehormatannya, menjaga dirinya dari tamu yang dianggap tidak pantas. Harta suami yang dititipkan padanya dipergunakan dengan sebaik-baiknya pada hal yang bermanfaat bagi agama dan keluarga. Istri seperti ini dapat membuat harta menjadi bertambah karena pandai dalam mengelola harta sehingga rezeki yang Allah berikan akan bertambah.

5. Istri yang Qanaah
Istri yang Qanaah dan tidak pernah mengeluh dengan apa yang dibawa pulang oleh suaminya serta bersyukur atas segala nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya walaupun sedikit niscaya Allah akan menambah rezekinya dan keluarganya. Karena Allah telah berjanji bahwa siapa saja yang bersyukur kepada Allah maka Allah akan menambah rezekinya.

6. Istri yang bersukur dan tak pernah putus berdoa untuk suaminya.
Istri yang bersyukur adalah istri yang menerima segala kehendak dan takdir Allah padanya dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik, salah satunya ialah mendoakan suaminya dan keluarganya agar menjadi sukses dan selamat didunia dan diakhirat. Istri seperti ini tahu bahwa Allah akan menambahkan rezeki kepada keluarga yang selalu melibatkan Allah pada langkah-langkah kehidupan melalui doa yang dipanjatkannya setiap hari.

Betapa bahagianya seorang laki-laki yang bisa mendapatkan isteri yang memiliki ciri-ciri seperti di atas. Jika pun isteri ternyata belum memiliki ciri-ciri seperti di atas hendaklah bagi suami untuk mendidiknya, karena isteri merupakan tanggung jawab yang akan ditanya dipertanggung jawabkan pada hari akhirat. 

Wallahu alam.

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :