Ayat-Ayat Syifa' (Penyembuh) Di Dalam Al-Qur'an

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat manusia khususnya bagi umat muslim yang memberitakan kabar gembira bagi orang yang beriman, dan khabar siska bagi orang yang ingkar. Namun jika ditinjau dari segi lain, ternyata Al-Qur’an juga dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Didalam sebuah kisah, Imam Abu Qasim Qushairi ra. berkata: “seorang di antara anakku jatuh sakit sehingga dia hampir meninggal. Di waktu itu aku bermimpi bertemu Rasulullah s.a.w. Baginda bersabda: “Mengapa kamu tidak ambil manfaat dari ayat-ayat syifa’? Mengapa kamu tidak mengamalkan ayat-ayat itu dan memohon (kepada Allah s.w.t.) untuk disembuhkan?”

Adapun ayat-ayat yang dapat memberikan kesembuhan dari segala macam penyakit itu dinamakan dengan ayat-ayat syifa’. Didalam Al-Qur’an terdapat 6 ayat syifa’, ayat tersebut yaitu :

وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

Dan (Allah ) akan melegakan hati orang-orang yang beriman (At-Taubah : 14)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Hai Manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Yunus : 57)

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. (An-Nahl : 69)

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Al-Israa : 82)

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (Do’a Nabi Ibrahim dalam Surat Asy-Syu’raa’ :80)

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

Dan katakanlah (wahai Muhammad ) bahwa (Qur’an) itu adalah petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman. (Fushshilat : 44)

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
February 8, 2019 at 6:25 PM delete

Saya suka pnyembuhan dg ayat alquran dgn bahan alami insa Allah pasti sembuh

Reply
avatar