Do'a Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan salah satu nikmat yang terpenting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Hujan memiliki banyak peran bagi semua makhluk hidup, khususnya bagi umat manusia. Allah Ta’ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS. Asy-Syuura [41] : 28)

Maka oleh karena itu, Untuk mensyukuri hal tersebut, hendaknya kita sebagai umat muslim untuk membacakan do’a ketika hujan turun, supaya Allah memberi keberkahan dan kenikmatan sehingga dengan membaca do’a tersebut Allah akan menjadikan kita sebagai mukmin yang bertaqwa.

Adapun do’a ketika turun hujan adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Setelah membaca artikel diatas maka, hendaklah kita melestarikan dan mengajarkan do’a tersebut kepada teman-teman kita agar ia mengamalkan do’a tersebut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahu ‘Alam

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :