Shalat Selalu, Tapi kok Masih Maksiat ?

Shalat merupakan suatu amal ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim yang telah aqil dan baligh. Shalat juga perkara wajib yang tidak boleh ditinggalkan serta shalat juga merupakan persoalan pertama yang dipertanggungjawabkan pada hari akhirat kelak.


Shalat juga merupakan amalan yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:
"Dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat mencegah perbuatan keji dan mungkar"

Tetapi banyak diantara kita yang selalu melakukan shalat tetapi masih saja berada dalam kemaksiatan, apa sebabnya ?



Bukannya Shalat yang kita salahkan tetapi itu disebabkan karena pengamalannya yang salah seperti:
1. Shalatnya masih dalam keadaan lalai karena memikirkan hal duniawi yang tiada habis-habisnya
2. Belum faham tentang bacaan shalat dan maknanya
3. Hati belum hadir, tiada menyadari bahwa ia sedang menghadap kepada Allah Penguasa sekalian alam
4. Shalat dalam keadaan seperti orang yang mabuk, tidak sadar apa yang dia perbuat dan tidak menyadari apa yang ia bacakan sampai sampai ia lupa akan rakaat shalatnya


Inilah Shalat yang tidak dapat membawaki kita kepada perubahan menuju kebaikan.Allah berfirman "Celakalah orang orang yg shalat yg mereka lalai dalam shalatnya..." (QS Al Maun 5).

Oleh karena itu wahai sahabatku, mari kita perbaiki cara shalat kita sehingga kita memperoleh keistimewaan dalam shalat, sadarilah bahwa ketika shalat, kita sedang menghadap Allah. Maka dengan demikian shalat kita akan khusyu dan kitapun akan memperoleh kelezatan, dan nikmatnya menghadap Allah.

Shalat dengan cara seperti inilah kita akan mengubah perilaku buruk menjadi baik sehingga sedikit demi sedikit kita akan menjauh dari perbuatan keji dan mungkar.

Allah berfirman dalam Hadis Qudsi yang artinya:
”Sesungguhnya Aku (Allah) hanya akan menerima shalat dari hamba yang dengan shalatnya itu dia merendahkan diri di hadapanKu.


Wallahu ‘alam






Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :