Akhir Zaman, Menuntut Ilmu Bukan Untuk Mencari Ridha Allah

Sebelum datangnya kiamat, segala kemaksiatan dan kerusakan akan menggerogoti bumi ini. Sedikit demi sedikit telah terjadi dimana-mana. Adapun salah satu tandanya ialah banyak orang-orang sangat semangat untuk mencari ilmu akan tetapi bukan karena keikhlasannya kepada Allah SWT tetapi hanya demi keinginan duniawinya saja. Padahal ilmu itu merupakan pemberian Allah yang seharusnya dicari dengan keikhlasan untuk menggapai ridha Allah SWT.

Menuntut ilmu pada dasarnya merupakan perintah Allah dan Rasulnya serta mengajarkannya adalah suatu ibadah. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah, malaikat, penduduk langit dan bumi, bahkan hingga semut dalam lubangnya serta ikan di lautan, seluruhnya mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.”

Akhir zaman, akan muncul orang-orang yang mempelajari ilmu agama demi nafsu duniawinya agar menjadi populer bukan karena mencari ridha Allah, bahkan ada yang mengaku dirinya sebagai orang yang alim demi mempeloleh kekayaan dan kesenangan. Padahal Rasulullah SAW telah bersabda, “Apabila harta rampasan perang (al-Fa’i) hanya dibagikan di kalangan orang-orang kaya dan apabila seseorang menuntut ilmu bukan karena agama,” (HR. Tirmidzi).

Kalau kita melihat disekeliling kita hal tersebut sudah terjadi sedikit demi sedikit, anyak teman kita yang tiada lagi mencari ilmu demi memperolah kasih sayang Allah. Mereka lebih mementingkan kepopuleran agar mendapat pujian orang banyak. Oleh sebab itu jauhilah perbuatan tersebut karena merupakan pekerjaan yang sia-sia. Sebab ilmu yang ia miliki tidak akan bermanfaar bagi dirinya sendiri.

Walllahu ‘alam



Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :