Taqwa

Taqwa adalah menjalankan akan segala perintah Allah Azza wa Walla. serta mau menjauhi akan segala laranganNya.Kesempurnaan taqwa hanya di peroleh oleh seseorang apabila ia telah meninggalkan segala setuatu bentuk perbuatan yang membawi kepada kehinaan. Selain itu, hanya orang yang berusaha keras untuk segala macam bentuk kebaikan niscaya akan mendapatkan nilai ketakwaan sebesar apapun atau sekecil apapun tergantung dengan apa yang telah ia kerjakan, karena Allah akan membalas segala kebaikan seseorang walaupun sekecil biji pasir sehingga allah berfirman:

“dan barang siapa berbuat kebaikan sebiji dzarrah niscaya dia akan mendapatinya (pahala)” QS. Al-zalzalah:7. 

Semua itu telah tertulis didalam sebuah kitab catatan amal kita masing – masing di dalam lau mahfuz. Maka oleh karena itu Dengan jalan amal sholihlah seseorang itu dapat dikatakan sedang sebagai orang yang sedang menempuh perjalanan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub), dan orang orang yang berpegang teguh pada jalan haq dan meninggalkan yang bathil niscaya dia akan selamat di dunia dan di akhirat aminn. 

Beberapa sebab untuk memperoleh nilai-nilai ketaqwaan yang tinggi dimata Allah adalah : 

Hendaklah kita menyadari bahwa kita sebagai manusia adalah mahluk yang rendah, maka kalau kita telah menyadari diri sebagai makhluk yang rendah maka kita tidak boleh merendahkan orang yang lain, karena manusia sama sama diciptakan dari tanah pada awalnya penciptaan , selanjutnya diciptakan dari setetes air yang hina. 

Kebanyakan manusia mereka mudah sekali untuk mengeluh apanila sedang mendapat cobaan, mereka akan merasa putus asa, dan banyak yang menyalahkan orang lain serta menyalahkan Tuhan, sedangkan disaat dia mendapatkan kenikmatan yang banyak diapun lupa bersyukur kepada Allah, hingga ujungnya banyak yang merasa enggan membantu orang yang membutuhkan, padahal di sekitar kita masih banyak di jumpai anak – anak kecil yang seharusnya sekolah, dengan bermodal gelas plastik bekas, mereka berjuang mendapatkan sepeser rupiah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bukankah kita harus menyadari bahwa mereka juga adalah mahluk Allah sama seperti kita , maka oleh karena itu di dalam berbuat baik kita tidaklah boleh membeda– bedakan mereka. 

Allah telah memberikan kita nikmat yang tiada tara, namun Allah tidak pernah meminta manusia untuk membalasnya dari apa apa yang kita dapatkan. Oleh karena itu marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.Karena seorang Muslim yang baik tentunya kita harus menyadari bahwa setiap yang awal pasti ada akhir, setiap hidup pasti ada mati, karena setiap yang hidup telah ditetapkan ajalnya oleh Allah Swt.

Maka oleh sebab itu marilah kita Bertaqwa kepada Allah dengan sebenar benarnya agar, bersyukur kepadanya atas segala nikmat yang telah diberikannya karena dengan ketaqwaan itu maka Allah Akan menaikkan deraja kita dan kitapun akan selamat di dunia dan di akhirat aminn.....

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :