Sifat yang Wajib bagi Allah: Qudrah

قُدْرَة 

Qudrah Artinya Kuasa maka Mustahil `ajzun artinya Lemah.

Maka wajiblah bagi kita meng`itiqadkan bahwasanya Allah itu bersifat dengan qudrah karena jika Allah lemah maka tak kuasalah Allah untuk meciptakan alam ini , sedangkan alam ini bentuknya sangatlah luas dari tujuh lapis langit hingga tujuh lapis bumi yang didalamnya itu terdapat bermacam macam makhluk.Maka oleh karena itu Allah itu wajib bersifat dengan Qudrah .Allah SWT berfirman dalam Al-Qur`an :

إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. [QS. Al-Baqarah (2): 20]

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, bahwa makhluq diciptakan oleh Allah. Begitu pula perbuatannya serta sifatnya. Allah MahaBerkuasa atas makhluq. Sifat dan perbuatan dari suatu makhluq adalah makhluq. Sedangkan makhluq tidak berkuasa. Makhluq tidak bisa bergerak untuk beribadah atau pun menghindari ma’siat. Sifatnya lemah, lumpuh, tidak bisa berbuat apa-apa, maka makhluq tidak kuasa berbuat apa-apa. Yang Berbuat hanyalah Allah. Allah Yang Membolak-Balikkan hati. Tetapi ingat, Allah Maha Tahu, Maha Adil, Maha Bjaksana dan Mengetahui Hikmah (Al Hakam). Sedangkan manusia sangat bodoh dan zhalim. Apa yang diketahui manusia sangat sedikit jika dibandingkan dengan apa yang tidak diketahui oleh manusia. Maka tidak pantas manusia menyombongkan dirinya yang lemah. Sungguh tiada daya untuk menghindari kejahatan dan tiada kekuatan untuk berbuat kebajikan kecuali dengan Kasih-Sayang dan Kuasa Allah.

Maka patut bagi mu`min mu’taqad bahwa untuk selalu bertawadhu`, tidak takabbur, dan banyak takut kepada Allah Ta’ala, karena seluruh jasad, ruh , dan semuanya adalah milik Allah tak ada daya upaya sedikitpun kecuali dengan qudrah Allah.

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :