Antara Teman, Harta dan Musuh

إِنْ قَلَّ مَالىِ فَلاَ خِلٌّ يـُصَاحِبُنِى#
إِنْ زَادَ مَالىِ فَكُلُّ النَّاسِ خُلاَّ نىِ
فَكُلُّ عَدُوٍّ  لِأَجْلِ الْمَالِ صَاحَبَنِى#
وَكَمْ صَدِيـْقٍ لـِفَقْدِ الْمَالِ عَادَانىِ

Jika hartaku sedikit maka tiada seorang pun yang ingin bersahabat denganku # Jika hartaku bertambah banyak maka seluruh manusia akan bersahabat denganku
Maka betapa banyak musuh menjadi teman karena hartaku # Dan betapa banyak teman memusuhiku karena sedikitnya hartaku.



Syair diatas merupakan salah satu pepatah arab yang menerangkan kepada kita bahwasanya banyak diantara manusia yang hidup di dunia ini tidak mau berteman dengan orang yang miskin bahkan mereka akan memusuhinya dan menjadikannya hina serta memandang dengan sebelah mana. 

Akan tetapi ketika orang yang miskin tersebut telah menjadi kaya raya, maka orang-orang yang tadi memusuhinya sekarang telah berteman baik dengannya, menjadikannya sebagai teman yang paling akrab, bahkan ia pun akan memujinya melebihi dari apa yang ada pada dirinya. Padahal Rasulullah saw. Telah bersabda :


انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ ، فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لا تَزْدَرُوا نِعَمَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ


Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka oleh sebab itu, bagi kita seorang muslim hendaklah kita mengasihi dan menyayangi orang yg memiliki kekurangan baik pada hartanya ataupun selainnya, janganlah kita meremehkannya, karena setiap seseorang pasti memiliki kelebihan dibalik kekurangannya.

Suatu pepatah mengatakan :

لاَ تَحْتَقِرْ مَنْ دُوْنَكَ فَلِكُلِّ شَيْئٍ مَزِيَّةٌ


Jangan kamu menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena segala sesuatu itu mempunyai kelebihan.

Sebarkanlah kabar baik ini kepada teman-temanmu yang belum mengetahuinya agar mereka mendapat hikmah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.


Aminn.....

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :