Akhir Zaman, Tradisi Umat Terdahulu Diikuti Kembali

Sebelum diutusnya Nabi Muhammad saw. dunia ini penuh dengan kehinaan, manusia hidup dalam kemaksiatan, selalu membangkang terhadap perinta Allah dan Rasul-Nya. Adapun setelah diutusnya Nabi Muhammad saw. dunia ini pun berubah dari alam yang penuh kebiadaban ke alam yang penuh dengan keistimewaan. Akan tetapi ada satu hal yang harus kita ketahui bahwasanya di akhir zaman nanti akan banyak orang-orang yang akan mengikuti tradisi bangsa terdahulu (bangsa sebelum diutusnya Nabi Muhammad).

Salah satu penyebabnya ialah banyaknya kaum muslimin yang tidak lagi mengikuti jalan yang telah di wariskan oleh Rasulullah, banyak diantara mereka merinu kebiasaan tradisi orang-orang Yahudi, Nasrani, dan Majusi.

Rasulullah telah memberitakannya kepada kita bahwasanya kelak akan ada sekelompok umat yang mengikuti umat Yahudi dan Nasrasi yang sesat menyesatkan baik dalam perilakau, kebiasaan serta gaya hidup yang jauh dari syariat Islam. Rasulullah saw bersabda, “Hari kiamat tidak akan terjadi sehingga ada sekelompok umatku yang mengikuti umat sebelum mereka, sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta.” Lalu beliau ditanya, “Wahai Rasulullah apakah bangsa sebelum mereka itu adalah bangsa Persia dan Romawi?” Rasulullah menjawab, “Siapa lagi kalau bukan mereka,” (HR. Bukhari).

Jika kita liat pada zaman ini, sungguh hal tersebut telah terjadi, dan sebagian lainnya pun pasti akan terjadi bahkan mungkin lebih buruk dari sebelumya. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Kalian akan mengikuti tradisi orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, dan sehasta demi sehasta. Sehingga, apabila mereka memasuki lubang biawak pun, kalian pasti akan tetap mengikuti mereka.”.Para sahabat lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang engkau maksud itu adalah kaum Yahudi dan kaum Nasrani?” Beliau pun menjawab, “Siapa lagi kalau bukan mereka,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Al-Qadhi ‘Iyadh menjelaskan bahwa kata jengkal, hasta dan lubang biawak adalah perumpamaan dari tindakan taklid dan meniru perilaku dan kebiasaan mereka.

Qadhi Iyadh Menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kata jengkal, hasta dan lubang biawak adalah perumpaan kelakukan manusia pada akhir zaman nanti, sungguh mereka akan mengikuti dan meniru perilaku kaum Yahudi dan Nasrani sehingga lama-kelamaan mereka akan terjerumus dalam kesesatan, bahkan ada diantara mereka yang keluar dari Islam.

Adapun mengikuti kepada orang-orang yahudi dalam keahlian dan keterampilan mereka yang ilmiah tidaklah dilarang, selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam, seperti mengikuti gaya busana, kebiasaan, perilaku serta pergaulan mereka. Yang mencampur baurkan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram di dalam satu tempat, dll.









Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :

1 comments:

Write comments
Ihant txo
AUTHOR
December 7, 2017 at 2:50 PM delete

Menurutku, umat sekarang adalah umatnya Rasululloh Muhammad SAW..
Jdi yg dimaksud umat terdahulu adalah kisah2 umat yahudi dan nasrani di dalam Alquran..
Jadi intinya..
Nanti umat Muhammad akan mengikuti jejaknya umat terdahulu, menyalahkan org mukmin, karena merasa dirinya yg benar, menganggap org mukmin itu ahli sihir, sampai akhirnya membunuh org2 mukmin sejati karena merasa org mukmin itu sudah sesat..
Padahal mereka sendiri yg sesat tpi tidak sadar..

Reply
avatar