Khat Naskhi

Khat Nasakh (Naskhi) merupakan salah satu jenis Khat arab yang paling mudah ditulis ataupun dibaca. Jenis khat inilah yang paling sering kita dapatkan pada ketika melihat atau membaca sebuah tulisan ataupun ayat terutama pada mushaf Al Qur’an dan sering kali digunakan untuk membuat makalah atau tulisan-tulisan ilmiah karena khat ini relatif mudah saat dibaca ataupun ditulis, maka tulisan ini paling banyak digunakan oleh para muslim dan orang Arab di belahan dunia manapun.

Para ahli sejarah islam telah berpendapat, bahwa Ibnu Muqlah (272-328 H) adalah peletak dasar Khat Naskhi dalam bentuknya yang disempurnakan pada zaman dinasti Abbasiah. Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H), usaha memperindah khat Naskhi mencapai puncaknya sehingga terkenallah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf al-Qur’an di abad pertengahan Islam, dan menggeser posisi Khat Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya.

Khat ini disebut Naskhi karena para penulis khaligrafi menulis mushaf al-Qur’an dan berbagai buku islami dengan menggunakan gayanya. Sekarang huruf-huruf Naskhi telah banyak digunakan didalm berbagai tulisan terutama di bidang percetakan dengan menggunakan komputer . 

Kaligrafi naskhi pada masa kini telah menjadi font standar untuk pengetikan, majalah majalah, koran, dan mushaf mushaf Al Qur'an , paling sering digunakan dalam pengetikan adalah font Traditional Arabic yang merupakan penerapan Naskhi.

Khat ini meupakan ilmu yang pertama kali yang harus dipelajari oleh orang yang baru belajar seni kaligrafi Arab.

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :