بَابُ اَلْحَالِ
اَلْحَالُ: هُوَ اَلِاسْمُ اَلْمَنْصُوبُ، اَلْمُفَسِّرُ لِمَا اِنْبَهَمَ مِنْ اَلْهَيْئَاتِ، نَحْوَ قَوْلِكَ "جَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا" وَ"رَكِبْتُ اَلْفَرَسَ مُسْرَجًا" وَ"لَقِيتُ عَبْدَ اَللَّهِ رَاكِبًا" وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ
وَلَا يَكُونَ اَلْحَالُ إِلَّا نَكِرَةً
وَلَا يَكُونُ إِلَّا بَعْدَ تَمَامِ اَلْكَلَامِ
.وَلَا يَكُونُ صَاحِبُهَا إِلَّا مَعْرِفَةً
Bab Haal
Haal Adalah suatu isim yang mansub yang menerangkan sesuatu yang belum jelas dari pada segala kelakuan.
Contohnya :
جَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا
رَكِبْتُ اَلْفَرَسَ مُسْرَجًا
لَقِيتُ عَبْدَ اَللَّهِ رَاكِبًا
Dan kalimat-kalimat yang serupa dengan demikian
-Haal itu tidak boleh terjadi kecuali dalam bentuk nakirah
-Hal itu tidak boleh terjadi kecuali sesuah sempurna kalam
-Sahib Haal itu tidak boleh kecuali isim makrifah
Catatan :
Pada contoh diatas جَاءَ زَيْدٌ رَاكِبًا
-Yang menjadi haal nya adalah رَكِبًا dalam kedaan nakirah (belum dikenal)
-Adapun kalimat sebelum haal جَاءَ زَيْدٌ telah sempurna kalamnya karena telah tersusun dari Fi’il dan Fa’il
-Adapun Sahib Haal زَيْد merupakan isim ma’rifah (dikenal)