اَلْمَصْدَرُ هُوَ اَلِاسْمُ اَلْمَنْصُوبُ، اَلَّذِي يَجِيءُ ثَالِثًا فِي تَصْرِيفِ اَلْفِعْلِ، ، نحو ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا وَهُوَ قِسْمَانِ لَفْظِيٌّ وَمَعْنَوِيٌّ، فَإِنْ وَافَقَ لَفْظُهُ لَفْظَ فِعْلِهِ فَهُوَ لَفْظِيٌّ، نَحْوَ قَتَلْتُهُ قَتْلًا وَإِنْ وَافَقَ مَعْنَى فِعْلِهِ دُونَ لَفْظِهِ فَهُوَ مَعْنَوِيٌّ ، نحو جَلَسْتُ قُعُودًا، ، وقمت وُقُوفًا، ، وما أَشْبَهَ ذَلِكَ.
Bab Mashdar
ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا
Mashdar itu terbagi dua yaitu:
1.Mashdar Lafdhi
2.Mashdar Ma’nawi
Maka apabila sama (sesuai) lafaznya mashdar dengan lafaz fi`ilnya mashdar, maka mashdar itu disebut dengan mashdar lafdhi.
Contoh:
قَتَلْتُهُ قَتْلًا
Dan apabila sama (sesuai) mashdarnya dengan makna fi’ilnya mashdar, ketiadaan lafaznya (mashdar dan fi’ilnya memiliki makna yang sama tetapi lafaznya berbeda), maka mashdar itu disebut dengan mashdar ma’nawi.
Contoh:
جَلَسْتُ قُعُودًا
وقمت وُقُوفًا