4 Macam Masalah dan 4 Cara Menyelesaikannya

1.Jika anda diuji dengan syahwat dan hawa nafsu, Maka periksalah sholat anda.
Jika seseorang banyak meninggalkan shalatnya atau ia terlalai dari shalatnya maka Allah akan mengujinya denga hawa nafsu dan syahwat yang tinggi sehingga akan menyebabkan hidup menjadi tiada aman dan nyaman. Allah Berfirman yang artinya :
“Maka datang sesudah mereka suatu keturunan yang mereka telah melalaikan sholat dan memperturutkan syahwat hawa nafsunya” (QS. MARYAM : 59)

2.Jika anda merasa keras hati dan berperangai buruk, Maka periksalah hubunganmu dengan ibumu.
Jika hati kita keras dan tidak bisa menerima nasehat dari orang lain, berikap buruk terhadap sesama kawan. Mungkin itu disebabkan oleh sikap kita terhadap ibu kurang baik. Maka perbaikilah sikapa kita terhapap kedua orang tua kita. Allah berfirman:

وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيا

“Dan (Dia jadikan aku) berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka” (QS. Maryam: 32)

3.Jika anda merasa depresi dan merara kesempitan dalam hidup , maka periksalah interaksimu dengan Al-Qur’an.
Berbagai macam penyakit akan timbul ketika kita menjauhkan diri dari membaca Al-Qur’an mengapa demikian? Karena Al-qur’an merupakan obat penyembuh bagi segala macam penyakit. Apabila kita menjauhinya maka kita akan terjerat dengan berbagai macam penyakita sehingga hidup akan terasa sempit. Allah Berfirman

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكا

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku (Al-Qur’an- berdzikir), maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit” (QS. Thaha: 124)

4.Jika anda merasa gelisah, Maka periksalah bagaimana pelaksanaanmu terhadap nasehat yang engkau dengar.
Nasehat yang baik merupakan perkara yang harus kita turuti, namun ketika kita melanggar maka kita akan mendapat kegelisahan. Maka laksanakanlah segala nasihat yang baik dan tinggalkan yang buruk aga kita menjadi muslim yang diridhai oleh Allah. Allah Berfirman:

وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُواْ مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْراً لَّهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتاً

“Sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih meneguhkan (iman mereka)” (QS. Annisa: 66)

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :