Azan dan Iqamah Kepada Anak yang Baru Dilahirkan

Anak merupakan suatu karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada sebuah keluarga agar memiliki keturunan sehingga akan saling sambung-menyambung hingga hari kiamat kelak. Namun anak juga merupakan suatu amanah yang wajib dijaga, dirawat serta dididik oleh kedua orang tuanya agar menjadi anak yang soleh serta taat akan segala perintah Allah dan Rasulnya semenjak ia lahir kedunia ini.

Salah satu bentuk pendidikan orang tua terhadap anak ialah dengan mengumandangkan azan dan iqamah pada kedua telinga anaknya pada saat anak baru saja lahir kedunia, sebagaimana yang sering dilakukan dalam tradisi masyarakat di Indonesia.

Menurut pendapat ulama, mengazankan anak ketika lahir kedunia merupakan salah satu bentuk kesunnahan didalam hukum Islam sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abi Rafi’ yang berbunyi :

عَنْ أبِي رَافِعٍ أنَّهُ قَالَ, رَأيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أذَّنَ فِيْ أذُنِ الحُسَيْنِ حِيْنَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلاَةِ --سنن أبي داود

Dari Rafi’ bahwa sesungguhnya ia berkata: Aku melihat Rasulullah SAW mengumandangkan Adzan di telinga Husain ketika siti fatimah melahirkannya. (Yakni) dengan Adzan shalat. (HR Abi Dawud).

Di dalam kitab Al-Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, juz I, halaman 61 dinyatakan bahwasanya adzan juga disunnahkan untuk perkara selain shalat. Di antaranya adalah mengazankan pada telinga anak yang baru dilahirkan serta disunnahkan pula untuk melakukan iqamah pada telinga kirinya.

Adapun fadhilah dan keutamaannya, Sayyid Alawi al-Maliki dalam kitabnya Majmu’ Fatawa wa Rasa’il beliau menyatakan bahwasanya mengumandangkan adzan pada telinga kanan dan membacakan iqamah pada telinga kiri kepada anak yang baru saja dilahirkan itu hukumnya sunnah. Para ulama Ahlussunnah wal Jamaah telah mengamalkan perbuatan tersebut, tanpa ada seorangpun mengingkarinya.

Sayyid Alawi juga menyatakan, perbuatan tersebut juga bermanfaat untuk mengusir syaitan dari seorang anak yang baru saja dilahirkan. Sehingga syaitan akan lari terbirit-birit ketika mereka mendengarkan adzan.

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang hukum dan fadhilah ketika mengumandangkan azan dan iqamah kepada seorang anak yang baru lahir kedunia, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahu ‘alam.

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :