Adab seorang Guru

Guru merupakan seorang yang menunjuki murid kepada suatu bidang ilmu pengetahuan dan memperkenalkan segala tata caranya sehingga kesempurnaan ilmu dari seorang seorang guru maka akan diikuti oleh muridnya. 


Maka seorang guru harus memiliki sifat sifat yang terpuji, berakhlak muliah , penyayang karena apabila seorang guru bersifat dengan sifat yang terpuji, maka sifat seorang muridpun akan menjadi sempurna.

Seorang guru diharuskan menjunjung tinggi nilai ketaqwaan, kerendahan hati, lemah lembut kepada murid, tegas, dan berwibawa.Karena Seorang murid itu diibaratkan seperti kertas yang putih yang siap menerima warna apapun yang akan diberikan oleh gurunya sehingga warna tersebut akan melekat kedalam hati dan pikirannya.

Oleh sebab itu seorang guru wajib melarang muridnya untuk mempelajari ilmu yang berbahaya yang dapat merusak iman dan aqidahnya dan mengingatkannya agar tidak menuntut ilmu yang dapat menjauhkan diri kepada Allah Swt.

Demikian lagi wajib bagi seorang guru melarang muridnya untuk sibuk dengan hal-hal yang bersifat fardu kifayah sebelum menyelesaikan yang fardu ain serta membekali dirinya terlebih dahulu dengan sikap takwa agar simurid selamat imannya di dunia dan diakhirat.

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :