Keistimewaan Bahasa Arab


Allah Berfirman


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ


Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya (QS. Yusuf: 2) 

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa Ia menurunkan Al-Qur’an dengan Bahasa Arab, yang didalamnya terdapat berbagai macam pengajaran yang dapat membawa umat manusia kepada kebaikan yang semuanya itu dalam bentuk Bahasa arab yang sempurna yang belum bercampur dengan Bahasa Bahasa lainnya. 

Dengan sebab demikian maka bagi setiap muslim harus mau mempelajari Bahasa arab mengapa? Karena dengan mempelajari Bahasa arab maka kita dapat memahami isi yang terkandung di dalam Al-Qur’an, sehingga dengan demikian kita akan termasuk kedapa orang-orang yang berakal. Karena tak ada manfaatnya akal yang telah Allah berikan jika kita tidak mau mempelajari Bahasa arab. Bukankah amalan yang kita lalukan dalam keseharian semuanya itu dalam Bahasa arab. 

Maka mengapa Allah menurunkan Al-Qur’an dengan Bahasa arab? Bukankah didunia ini terdapat berbagai macam ragam Bahasa? Karena Bahasa arab adalah Bahasa yang terbaik dari segala Bahasa, apabila kita mempelajari tentang ilmu Bahasa (philology) maka kita dapat mengetahui keistimewaan Bahasa arab dengan Bahasa lainnya. 

Bahasa arab tidak hanya dikhususkan pada bangsa arab saja. Mengapa demikian? Karena Allah telah memerintahkan umat islam untuk menyampaikan seluruh isi Al-Qur’an keseluruh umat manusia yang ada didunia. Maka Bahasa arab pun menjadi Bahasa dunia yang bisa dituturkan oleh seluruh umat manusia, berbeda dengan Bahasa yang lain yang tidak semua umat manusia mampu menuturkannya dengan baik. Akan tetapi siapa saja yang mau mempelajari Bahasa arab dengan baik maka ia dapat menuturkannya dengan baik.

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ. نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ. عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ. بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ


Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas. (Asy-Syuara: 192-195)

Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :