Bab Mengenal Segala Tanda `Irab

بَابُ مَعْرِفَةِ عَلَامَاتِ اَلْإِعْرَابِ
Bab Mengenal Segala Tanda `Irab

لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ: الضمة ، والواو، وَالْأَلِفُ، وَالنُّونُ
فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ: فِي اَلِاسْمِ اَلْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ اَلتَّكْسِيرِ، وَجَمْعِ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ، وَالْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ.
وَأَمَّا اَلْوَاوُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي مَوْضِعَيْنِ فِي جَمْعِ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمِ، وَفِي اَلْأَسْمَاءِ اَلْخَمْسَةِ، وَهِيَ أَبُوكَ، وَأَخُوكَ، وَحَمُوكَ، وَفُوكَ، وَذُو مَالٍ
وَأَمَّا اَلْأَلِفُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ اَلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً.
وَأَمَّا اَلنُّونُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي اَلْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ، إِذَا اِتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ، أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ، أَوْ ضَمِيرُ اَلْمُؤَنَّثَةِ اَلْمُخَاطَبَةِ.

Tanda Rafa’ itu ada 4  macam yaitu:
1.Dhammah
2.Waw
3.Alif
4.Nun


Maka adapun Dhammah , ia menjadi tanda bagi Rafa’ pada empat tempat yaitu pada :
1.Isim mufrad
2.Jama’ taksir
3.Jama’ muannas salim
4.Fi`il mudhaari’ yang tidak bersambung pada akhirnya itu oleh sesuatu


Maka adapun waw , ia menjadi tanda bagi Rafa’ pada 2 tempat yaitu pada:
1.Pada Jama’ muzakkar salim
2.Isim yang lima adapun isim yang lima adalah :

أَبُوكَ، وَأَخُوكَ، وَحَمُوكَ، وَفُوكَ، وَذُو مَالٍ


Maka adapun alif , ia menjadi tanda bagi Rafa’ pada:
1.Tasniyah isim tertentu


Maka adapun waw , ia menjadi tanda bagi Rafa’ pada:
1.fi’il mudhari’ apabila bersambung di akhirnya fi’il mudhari akan dhamir tasniyah , dhamir jama’ dan dhamir muannasatil mukhatabah.


وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلَامَاتٍ: الْفَتْحَةُ، وَالْأَلِفُ، وَالْكَسْرَةُ، وَاليَاءُ، وَحَذْفُ النُّونِ.
فَأَمَّا الْفَتْحَةُ: فَتَكُونُ عَلَامةً لِلنَّصْبِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ، وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِآَخِرِهِ شَيْءٌ.
وَأَمَّا الْأَلِفُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، نَحْوَ: "رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ" وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.
وَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.
وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْعِ.
وَأَمَّا حَذْفُ النُّونِ: فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ.

Tanda nasab itu ada 5 macam yaitu :
1.Fathah
2.Alif
3.Kasrah
4.Yaa
5.Buang Nun

Maka adapun Fathah , ia menjadi tanda bagi Nasab pada tiga tempat yaitu pada: 1.Isim Mufrad
2. Jama’ Taksir
3.Fi`il Mudhari’ apabila masuk huruf nasab sebelumnya fi`il mudhari’dan tidak bersambung dengannya fi`il mudhari’ akan sesuatu (sesudahnya ).

Maka adapun Alif , ia menjadi tanda bagi Nasab pada  satu yaitu tempat pada:
1.Isim yang lima

seperti:
رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ
Dan yang semisal demikian

Maka adapun Kasrah , ia menjadi tanda bagi Nasab pada satu tempat yaitu pada: 1.Jama` Muannas salim

Maka adapun Yaa, ia menjadi tanda bagi Nasab pada dua tempat yaitu pada: 1.Tasniyah
2.Jama’

Maka adapun Buang Nun , ia menjadi tanda bagi Nasab pada satu tempat yaitu pada:
1.Segala Fi`il yang ketika rafa’nya itu dengan tetap nun


وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ: الْكَسْرَةُ، وَالْيَاءُ، وَالْفَتْحَةُ.
فَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ الْمُنْصَرِفِ، وَفِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.
وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، وَفِي التَّثْنِيَةِ، وَالْجَمْعِ.
وَأَمَّا الْفَتْحَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِي لَا يَنْصَرِفُ.

Tanda Khafat itu ada 3 macam yaitu :
1.Kasrah
2.Yaa
3.Fathah

Maka adapun kasrah, ia menjadi tanda bagi Khafat pada tiga tempat yaitu pada:
1.Pada isim mufrad munsarif
2.Jama` Taksir munsarif
3.Jama` Muannas salim

Maka adapun Yaa, ia menjadi tanda bagi Khafat pada tiga tempat yaitu pada:
1.Isim yang lima
2.Tasniyah
3.Jama

Maka adapun Fathah, menjadi ia akan tanda bagi Khafat pada satu tempat yaitu pada:
1.Isim allazi la yansarif

Catatan :
Munsarif artinya menerima tanwin
Laa yansarif artinya tidak menerima tanwin

وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ: السُّكُونُ، وَالْحَذْفُ.
فَأَمَّا السُّكُونُ: فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الْآَخِرِ.
وَأَمَّا الْحَذْفُ: فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآَخِرِ، وَفِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ.
Tanda Jazam itu ada 2 macam  yaitu :
1.Sukun
2.Buang

Maka adapun Sukun , ia menjadi tanda bagi Jazam pada satu tempat yaitu pada:
1.Fi`il Mudhari’ sahih akhir

Maka adapun Buang , ia menjadi tanda bagi Jazam  pada dua tempat yaitu pada:
1.Fi`il Mudhari’ mu`tal akhir
2.Fi`il yang lima yang pada ketika Rafa`nya itu dengan tetap nun.




فَصْلٌ اَلْمُعْرَبَاتُ
اَلْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ: قِسْمٌ يُعْرَبُ بِالْحَرَكَاتِ، وَقِسْمٌ يُعْرَبُ بِالْحُرُوفِ
فَاَلَّذِي يُعْرَبُ بِالْحَرَكَاتِ أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ اَلِاسْمُ اَلْمُفْرَدُ، وَجَمْعُ اَلتَّكْسِيرِ، وَجَمْعُ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ، وَالْفِعْلُ اَلْمُضَارِعُ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ. وكلها ترفع بالضمة، وتنصب بالفتحة، وتخفض بالكسرة، وتجزم بالسكون.
وخرج عن ذلك ثلاثة أشياء: جمع المؤنث السالم ينصب بالكسرة، والاسم الذي لا ينصرف يخفض بالفتحة، والفعل المضارع المعتل الاخر يجزم بحزف آخره.
I`rab itu terbagi  dua yaitu :
1.Sesuatu yang dii`rab dengan harakat
2.Sesuatu yang dii`rab dengan huruf

Maka adapun yang dii`rab dengan harakat itu empat yaitu:
1.Isim mufrad
2.Jama’ Taksir
3.Jama’ muannas salim
4.Fi`il mudhari’ yang tidak bersambung oleh sesuatu pada akhirnya

Maka tiap-tiapnya yang empat tersebut dirafa’ dengan dhammah, dinasab dengan fathah, dikhafad dengan kasrah, dan dijazam dengan sukun.
Kecuali ada beberapa yang berbeda dengan yang telah tersebut, itu adatiga macam yaitu :
1.Jamamuannas salim dinasab dengan kasrah
2.Isim allazi la yansarif dikhafad dengan fathah
3.Fi`il mudhari’ mu`tal akhir yang di jazam dengan membuang huruf akhirnya



والذي يعرب بالحروف أربعة أنواع: التثنية، وجمع المذكر السالم، والأسماء الخمسة، والأفعال الخمسة وهى: يفعلان وتفعلان ويفعلون وتفعلون وتفعلين .
فأما التثنية: فترفع بالألف، وتنصب وتخفض بالياء.
وأما جمع المذكر السالم: فيرفع بالواو، وينصب ويخفض بالياء.
وأما الأسماء الخمسة: فترفع بالواو، وتنصب الألف، وتخفض بالياء.
وأما الأفعال الخمسة: فترفع بالنون، وتنصب وتجزم بحذفها

Dan yang di i`rab dengan huruf itu empat macam yaitu :
1.Tasniyah
2.Jama’ Muzakkar Salim
3.Isim yang Lima
4.Fi`il yang Lima

Maka dapun Tasiyah :
~Di rafa’ dengan Waw
~Di nasab dan dikhafad dengan Yaa

Maka adapun Jama` Muzakkar salim :
~Dirafa’ dengan Waw
~Dinasab dan dikhafad dengan Yaa

Maka adapun Isim yang Lima :
~Dirafa’ dengan Waw
~Dinasab dengan Alif
~Di khafad dengan Yaa

Maka Adapun Fi`il yang Lima :
~Dirafa dengan Nun
~Dinasab dan dijazam dengan membuangnya huruh Nun
                                                                                   


Seruan Mulia

About Seruan Mulia

situs web islami kini dan masa depan

Subscribe to this Blog via Email :